Awal  |  Tentang Kami  |  Warta  |  Renungan  |  Pelayanan Cabang  Jadwal Ibadah  |  Kontak Kami  |  Buku Tamu
Renungan 4M Minggu Ini: SEORANG WANITA MENGURAPI YESUS DENGAN MINYAK NARWASTU MURNI (Yohanes 12:1-11, Matius 26:6-13, Markus 14:3-9), Edisi 11-17 April 2011
Sunday, April 10, 2011

Senin, 11 April 2011:
MEMBERI NILAI PADA KESEMPATAN
Bacaan: Yohanes 12:1-3
M1 - MENERIMA
Berdoalah untuk Firman Tuhan hari ini

M2 - MERENUNGKAN
Istilah kesempatan tidak datang kedua kali sangatlah tepat, namun yang lebih penting adalah mampukah seseorang memberi nilai pada kesempatan yang sedang ada di depan mata. Keluarga Lazarus mendapat kesempatan kunjungan Yesus untuk terakhir kalinya

  1. Bagaimanakah keluarga Lazarus memberi nilai pada kesempatan yang ada sebelum kematian-Nya? ayat 2
  2. Maria berbeda dengan kebanyakan orang dalam memaknai kesempatan yang ada. Bagaimanakah sikap Maria dalam menangkap kesempatan yang ada sebelum kematian-Nya? ayat 3
  3. Bagaimanakah anda memaknai sikap Maria saat itu?

M3 - MELAKUKAN
Mari belajar dari sikap Maria untuk "memberi nilai" secara tepat menjelang "kesempatan" yang Tuhan sediakan bagi kita sekarang ini sebelum kedatangan-Nya kedua kalinya.

M4 - MEMBAGIKAN 
Ceritakanlah kesempatan-kesempatan apakah yang anda rasa telah berlalu (gagal dalam memberi nilai pada kesempatan yang Tuhan beri) sebagai bahan pelajaran dan koreksi diri dalam komselmu.


Selasa, 12 April 2011: 
DAMPAK SEBUAH PERSEKUTUAN DENGAN ALLAH
Bacaan: Lukas 10:38-42, Yohanes 12:3
M1 - MENERIMA
Berdoalah dan terima Firman Tuhan hari ini dengan hati yang terbuka

M2 - MERENUNGKAN

  1. Menurut anda, harta benda apakah yang paling berharga yang dimiliki oleh Maria pada waktu itu sebagai harta kesayangannya? Yohanes 12:3
  2. Bagaimanakah Maria membuktikan kasihnya kepada Yesus (bentuk kerendahan hatinya) menjelang kematian-Nya? Yohanes 12:3
  3. Dilatar-belakangi apakah sehingga Maria bertindak melebihi sikap orang-orang di sekitarnya? Lukas 10:39, 42

M3 - MELAKUKAN
Dalam teladan Maria, mari berbuat kasih lebih lagi yang didasari karena kasih akan Allah.

M4 - MEMBAGIKAN  
Ceritakanlah di dalam komsel anda, berkat apakah yang telah anda terima hari ini. 


Rabu, 13 April 2011
KERENDAHAN HATI
Bacaan: Yohanes 12:1-3
M1 - MENERIMA
Siapkan hati dalam doa untuk kebenaran Firman-Nya hari ini

M2 - MERENUNGKAN
Lazarus (yang bangkit dari kematian), Marta dan Maria adalah sebuah keluarga yang mengasihi dan dikasihi oleh Yesus. Yesus datang ke rumah mereka enam hari sebelum perayaan Paskah. Tentunya Yesus juga bercerita bahwa Ia harus mati seperti yang sering dikatakan Yesus kepada para murid-Nya.

  1. Bagaimanakah cara Marta menghormati Yesus yang mengasihinya? ayat 2
  2. Bagaimanakah cara Lazarus menghormati Yesus yang mengasihinya? ayat 2
  3. Bagaimanakah cara Maria menghormati yesus yang mengasihinya? ayat 3
    a. ayat 12a, apakah artinya?
    b. ayat 12b, apakah artinya?
    c. ayat 12c, apakah artinya?

M3 - MELAKUKAN
Belajar dari keluarga yang dikasihi Yesus (Lazarus, Marta, dan Maria) tunjukkanlah sikap anda dalam menghormati dan mengasihi Yesus dalam kehidupan nyata.

M4 - MEMBAGIKAN
Ceritakanlah berkat apakah yang dapat anda bagikan dalam komsel saudara ketika melakukan Firman yang anda dapat hari ini. 


Kamis, 14 April 2011:
JANGAN MENJADI IRI HATI
Bacaan: Yohanes 12:4-6
M1 - MENERIMA
Berdoalah agar saudara mengerti kebenaran Firman Tuhan hari ini

M2 - MERENUNGKAN
Secara jujur, mungkin kita sering merasa iri hati jika melihat orang lain mendapat ungkapan dan perlakuan yang penuh kasih dari seseorang, walaupun tidak kita ungkapkan secara nyata.   

  1. Siapakah yang bersikap iri hati melihat perbuatan kasih Maria kepada Yesus? Matius 26:8 bandingkanlah dengan Yohanes 12:4
  2. Alasan apakah yang dipakai untuk membenarkan sikap iri hati mereka atas perlakuan Maria terhadap Yesus? Matius 26:9 bandingkanlah dengan Yohanes 12:5
  3. Motivasi apakah yang Yesus lihat dari perkataan murid-Nya yang iri hati tersebut? Yohanes 12:6

M3 - MELAKUKAN
Kita perlu mewaspadai sikap iri hati yang kita miliki dan perlu pula menghalau motivasi yang tersembunyi di dalamnya. Mari membereskannya di hadapan Allah dan meminta-Nya untuk meluruskan sikap hati kita jika tidak akan berbahaya buat orang lain dan diri sendiri.

M4 - MEMBAGIKAN
Ceritakanlah dan diskusikanlah dalam komsel anda, dalam hal apakah anda sebagai orang percaya seringkali merasa iri hati.


Jum'at, 15 April 2011: 
JANGAN MENDUSTAI DIRI SENDIRI 
Bacaan: Matius 26:11, Yohanes 12:6
M1 - MENERIMA
Mari, anda siapkan hati dan berdoalah terlebih dahulu untuk menerima kebenaran Firman Tuhan pada hari ini

M2 - MERENUNGKAN 

  1. Dalam hal apakah Yudas Iskariot dalam Injil Yohanes 12:6 ini dikatakan mendustai diri sendiri?
  2. Motivasi apakah yang dimiliki Yudas Iskariot ketika mengomentari perbuatan Maria? Yohanes 12:6
  3. Bagaimanakah sikap Yesus atas komentar Yudas Iskariot? Yohane3s 12:7

M3 - MELAKUKAN
Mari kita tidak menjadi pendusta-pendusta yang ulung yang suka mendustai diri sendiri dalam segala bidang yang Tuhan percayakan.

M4 - MEMBAGIKAN
Ceritakanlah dalam komsel anda: saat manakah anda merasa telah mendustai diri sendiri, rekan sekomsel, sesama orang seiman, dan lainnya, namun sekarang telah mengalami kemenangan dan tidak bersikap demikian lagi.


Sabtu, 16 April 2011:
ADA WAKTU UNTUK TUHAN, ADA WAKTU UNTUK SESAMA

Bacaan: Yohanes 12:8
M1 - MENERIMA 
Terimalah Firman Tuhan dengan rendah hati dan berdoalah

M2 - MERENUNGKAN
Yohanes 12:8, karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu.
Semua orang telah berdosa dan menjadi miskin di hadapan Allah. Yesus harus menyelesaikan bagian-Nya dan murid-murid-Nya akan meneruskan pekerjaan misi Yesus

  1. Dalam Yohanes 12:8 ini, murid-murid Yesus belum mengerti prioritas waktu dan misi Yesus sebagai gurunya. Perhatian murid-murid-Nya terpaku kepada ...................
  2. Yesus berkata bahwa Ia tidak selalu ada pada (bersama) murid-murid-Nya karena prioritas-Nya adalah ................... (Matius 16:21 bandingkanlah dengan Yohanes 4:34)
  3. Satu-satunya penyelesaian akan keadaan "orang-orang miskin" atau dosa manusia adalah dengan kematian-nya sebab ................... (Yohanes 3:34, 12:32)

M3 - MELAKUKAN
Penyelesaian utama dari "kemiskinan" atau dosa setiap orang telah dilakukan oleh Yesus di kayu salib, sebab itu mari kita belajar menempatkan waktu dan prioritas antara untuk Tuhan dan untuk sesama.

M4 - MEMBAGIKAN  
Ceritakanlah dalam komsel tentang prioritas waktu yang Allah sediakan bagi saudara yang saudara manfaatkan dalam mencari jiwa dan membinanya sampai mengenal Juruselamat.


Minggu, 17 April 2011:
NILAI SEBUAH PENGORBANAN
Bacaan: Yohanes 12:7 bandingkan dengan Matius 26:12-13
M1 - MENERIMA
Berdoalah agar setelah membaca Firman Tuhan ini anda memiliki kemenangan di dalam Yesus Kristus.

M2 - MERENUNGKAN 
Bicara soal nilai sebuah pengorbanan, mari merenungkan keputusan Maria, saudara Marta dan Lazarus. Dalam Lukas 10:42 Yesus mengatakan, "Tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memutuskan apa yang terbaik untuk dirinya, yaitu mendengarkan Firman-Nya. Maria mempraktekkan Firman yang ia pahami dan ia mengurapi Yesus dengan minyak narwastu yang mahal miliknya yang paling berharga. ia tahu apa yang terbaik bagi Gurunya. Yesus berkenan dan memuji perbuatannya. Yohanes 12:7 berkata, "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku." dan Injil Matius 26:13, Aku berkata kepadamu: "Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."
Nilai sebuah pengorbanan Maria didapat dari hasil persekutuan dengan Yesus yang memberitakan Firman kepadanya.

Yang perlu kita renungkan: Sudahkah kita memberikan nilai pada pengorbanan kita berdasarkan hasil persekutuan dengan Allah dan Firman-Nya? Jika belum mari kita memulainya sekarang.

M3 - MELAKUKAN
Mari kita memiliki nilai sebuah pengorbanan seperti Maria dengan mengawali untuk mengambil waktu untuk duduk diam di bawah kaki Tuhan.

M4 - MEMBAGIKAN  
Ceritakanlah berkat apakah yang telah anda terima selama seminggu ini dalam memahami renungan yang telah anda lakukan. Bagikan sebagai kesaksian kepada anggota komselmu supaya menjadi berkat

 
© Copyright 2003-2004 All Right Reserved GBI Petamburan
This site is developed by M@gnet Informatika