Awal  |  Tentang Kami  |  Warta  |  Renungan  |  Pelayanan Cabang  Jadwal Ibadah  |  Kontak Kami  |  Buku Tamu
Panduan Saat Teduh 4M 19-25 Agustus 2013
Tuesday, August 20, 2013

ADA BANYAK CARA UNTUK MEMUJI TUHAN

 

SENIN, 19 AGUSTUS 2013

Memuji Allah Dengan Tarian

Keluaran 15:19–21; Mazmur 30:12–13; Mazmur 149:3

                                                           

MENERIMA                   

Mari kita terima kebenaran firman Tuhan pada hari ini.

 

MERENUNGKAN

Dalam Keluaran 15:19-21, umat Israel telah ditolong Tuhan dari musuh yang mengejarnya. Karena pertolongan Tuhan mereka selamat. Rasa syukur kepada Allah diresponi oleh umat yang mengerti cara bersyukur kepada-Nya.

1.    Dengan cara dan sarana apakah yang dipakai oleh  Miryam, nabiah, saudara Harun dan semua perempuan mengungkapkan syukur mereka kepada Allah?

2.    Dalam Mazmur 30:12, apakah yang dialami oleh pemazmur yang telah mendapat pertolongan Tuhan? Bagaimana pemazmur bersyukur kepada Allah?

3.    Apa yang diajarkan dalam Mazmur 149:3 tentang mengucap syukur kepada Allah?

 

Nyatalah bahwa dalam Alkitab, memuji Allah dengan tari-tarian diperbolehkan untuk memuliakan Allah. Tarian yang memuliakan Allah sangat dianjurkan dalam mengucap syukur kepada-Nya.

 

MELAKUKAN

Mari belajar untuk mengungkapkan rasa syukur kita melalui tari-tarian dengan iringan musik dalam ibadah gereja kita ataupun kesempatan yang lain.

 

MEMBAGIKAN

Ceritakanlah di dalam kelompok selmu mengenai pengalaman dan kesan Anda ketika melihat tari-tarian yang ditujukan untuk kemuliaan Tuhan.


SELASA, 20 AGUSTUS 2013                 

Memuji Allah Dengan Alat Musik

Mazmur 150:1–6   

 

MENERIMA                   

Berdoa dan terimalah Frman-Nya pada hari ini dengan hati terbuka

 

MERENUNGKAN

Ada yang berpendapat bahwa alat musik tertentu tidak boleh dipakai untuk ibadah kepada Allah, namun hanya dapat dipergunakan dalam ibadah kepada setan dan iblis. Padahal alat musik apapun dapat digunakan untuk memuji,menyembah dan memuja berhala, setan dan iblis. Namun, alat musik apapun juga dapat digunakan untuk memuji, menyembah dan memuja Allah yang Kudus. Jadi bukan alat musiknya yang salah melainkan si pemakainya yang akan menentukan boleh atau tidaknya.

1.    Dalam Mazmur 150:1-6, alat musik apakah yang dipergunakan untuk memuliakan Tuhan?

2.    Dalam Mazmur 92:1-4, dianjurkan bahwa setiap hari Sabat, umat Allah perlu untuk menyanyikan syukur kepada Tuhan dan memberitakan kasih setia-Nya dengan menggunakan alat musik apa?

3.    Dalam 1 Tawarikh 25:3,Yedutun ketika menyanyikan syukur, puji-pujian bagi Tuhan diiringi alat musik apa? Kuasa apa yang Allah beri pada saat itu?

4.    Dalam 1 Tawarikh 13:8 dan 2 Samuel menceritakan raja Daud dan seluruh orang Israel menari-nari di hadapan Allah dengan sekuat tenaga dengan diiringi nyanyian, kecapi, gambus, nafiri, rebana, kelentung dan ceracap. Hal ini mengajarkan apa bagi kita pada masa sekarang ini?

Nyatalah dalam Alkitab bahwa memuji Allah dengan alat-alat musik apapun diperbolehkan asal memuliakan Allah. Semua alat musik yang digunakan untuk memuliakan Allah sangat dianjurkan dalam mengucap syukur kepada-Nya dan ada kuasa Allah yang turun ke tengah-tengah umat yang percaya.

 

MELAKUKAN

Dalam memuji Allah dan mengucapkan rasa syukur kita dapat menggunakan alat musik apapun dari yang paling sederhana sampai yang modern asal ditujukan kepada kemuliaan Allah.

 

MEMBAGIKAN

Dari pengalaman Anda, bagikanlah hal ini dalam komselmu tentang mengapa kuasa Allah dapat hadir dalam iringan alat-alat musik yang kita mainkan.


RABU, 21 AGUSTUS 2013          

Memuji Allah Dengan Sorak-Sorai

Ibrani 6:19–20

 

MENERIMA       

Berbahagialah orang yang mencintai firman-Nya, sebab itu aku mau mencintai firman-Mu, ya Tuhan dan ajarlah aku akan kebenaran firman-Mu pada hari ini supaya dapat mempraktekkannya.

 

MERENUNGKAN

Jika kita memperhatikan dan ada di stadion bola, dimana tim kesebelasan kesayangan kita sedang bertanding dan mencetak gol ke gawang lawan, maka akan terjadi keriuhan besar dan sorak-sorai pun akan memenuhi stadion bola tersebut. Sorak-sorai yang kuat tersebut merupakan ungkapan kegembiraan mereka secara spontan tanpa dapat ditahan volumenya. Sebaliknya, perlukah kita bersorak-sorai saat memuji Allah karena kasih-Nya yang luar biasa kepada Anda dan saya? Apa yang harus kita ketahui dalam hal ini? Baiklah kita melihat apa yang Alkitab ajarkan dan katakan :

1.    Dalam Mazmur 42:5, apa yang pemazmur lakukan supaya jiwanya tidak tertekan ketika datang ke rumah Allah hendak berjumpa dengan-Nya?

2.    Apa yang pemazmur ajarkan kepada kita dalam Mazmur 66:1 dan Mazmur 71:23?

3.    Dalam Yesaya 12:6; 24:14; 49:13, apa yang dikatakan bagi kita umat Allah yang hendak memuji Dia?

Bersorak-sorai merupakan salah satu cara yang Alkitab perkenalkan untuk memuji Allah  dan hal itu dilakukan bukan dengan suara/volume kecil namun dengan suara/volume yang kuat dan nyaring. Ada kuasa Allah yang mengalir seperti peristiwa robohnya tembok Yerikho karena Allah dan saat orang Israel bersorak-sorai.

 

MELAKUKAN

Dalam memuji Tuhan. mari membiasakan diri untuk bersorak-sorai dengan suara yang kuat dan keras dalam ibadah gereja kita dan alami kuasa Allah yang turun.

 

MEMBAGIKAN

Ceritakanlah dalam komselmu, pengalaman Anda dalam mempraktekkan sorak-sorai yang kuat yang menghasilkan kuasa Allah dalam kehidupanmu.


KAMIS, 22  AGUSTUS  2013       

Memuji Allah Dengan Nyanyian

Mazmur 7:18; Mazmur 149:1; Kolose 3:16; Yakobus 5:13

 

MENERIMA

Berdoalah untuk renungan firman Tuhan pada hari ini dan terimalah firman-Nya dengan lemah lembut.

 

MERENUNGKAN

Ada banyak ayat dalam Alkitab  (seperti Maz 7:18 ; 9:3 ;13:6 ;18:50 ; 33:1dan3; 47:6-8; 63:6; 68:5; 69:31; 95:1-2; 96:1-2; 100:2;105:2; 126:1-2;149:1; Yes 35:10; Kis 16:25; Ef 5:19; Kol 3:16; Yak 5:13) yang mengajarkan kita untuk memuji Allah dengan nyanyian. Lewat kata-kata dalam kitab Mazmur, para penulis lagu banyak diilhami untuk karya sebuah lagu yang dapat kita dengar hingga hari ini.

1.    Nyanyikanlah  Mazmur 7:18, ada sesuatu hal apa yang Anda dapatkan?

2.    Suatu ketika seseorang yang belum mengenal Yesus bertanya, mengapa orang Kristen sering menyanyi? Tahukah Anda, harus menjawab bagaimana? Apa jawabanmu dalam hal ini?

3.    Apakah pendapat Anda tentang:

·         Perintah dalam Mazmur 149:1?

·         Perintah dalam Kolose 3:16?

·         Perintah dalam Yakobus 5:13?

Nyata bahwa memuji Allah dengan nyanyian sudah sering kita lakukan di dalam ibadah gereja. Selain itu, memuji Tuhan dengan nyanyian dapat disertai dengan bertepuk tangan, mengangkat tangan, melompat, bersujud ataupun dengan mengibarkan panji-panji.

 

MELAKUKAN

Mari senantiasa memuji Tuhan dengan nyanyian yang kita lakukan dalam segala hal, segala waktu dan apapun kondisi hidup kita.

 

MEMBAGIKAN

Ceritakanlah di dalam komselmu, pengalaman Anda ketika menaikkan pujian kepada Allah lewat nyanyianmu dan dampak kuasa Allah yang engkau alami.


JUMAT, 23 AGUSTUS  2013                

Nafsu Yang Membutakan

Bilangan 22:21–40

(Hari Jumat s/d Minggu :Pelajaran Alkitab dengan bahan diambil dari Alkitab Sabda.org)

 

MENERIMA       

Mari kita berdoa untuk berjumpa dengan Allah lewat kebenaran firman-Nya pada hari ini.

 

MERENUNGKAN

Ketika seseorang dipengaruhi oleh nafsu tanpa bisa menguasainya, maka ia akan dibutakan oleh nafsunya itu. Dalam keadaan demikian, tentu saja orang tidak dapat lagi mendengar peringatan Tuhan. Hal ini terjadi pada Bileam. Bahkan Bileam digambarkan lebih buta dari keledainya.

Sebelumnya Allah menyuruh Bileam pergi. Akan tetapi, ketika ia pergi, Allah jadi marah. Kalau kita perhatikan, Bileam pergi karena pertama kali ia telah menolak perintah Allah. Itu sebabnya Allah marah dan mengirim malaikat-Nya untuk mencegat Bileam. Keledai yang melihat malaikat itu kemudian tidak mau maju sehingga Bileam memukul keledainya. Hal ini terjadi sampai tiga kali (23, 25, 27).

1.    Apakah yang membuat Bileam buta dan tak mengerti dalam mendengar peringatan Tuhan?

2.    Hal apakah yang seringkali membuat kita menjadi buta untuk mengerti, mendengar dan melihat peringatan Tuhan?

3.    Dalam hal ini, apakah yang perlu kita lakukan?

 

MELAKUKAN

Sama seperti Bileam, setiap kita bisa saja memiliki kerentanan yang sama bila dikuasai oleh nafsu untuk mendapatkan atau memiliki sesuatu. Nafsu ini bisa membutakan kita hingga tidak dapat, bahkan tidak ingin lagi melihat kehendak Allah bagi kita. Karena itu berhati-hatilah ketika kita sangat menginginkan sesuatu. Dan bijaklah dalam melihat pimpinan Tuhan mengenai hal itu.

 

MEMBAGIKAN

Bagikanlah kesaksian Anda saat menang melawan nafsu yang menggoda Anda.


SABTU, 24  AGUSTUS  2013

Sia-Sia Melawan Umat Tuhan

Bilangan 22:41 – 23:12

 

MENERIMA       

Berdoalah untuk  mengundang Roh Kudus memberkati Anda dalam renungan pada hari ini.

 

MERENUNGKAN

Balak dan Bileam saling memperalat. Dengan uangnya, Balak akhirnya berhasil mendesak Bileam untuk menjadi alatnya mengutuki Israel. Dengan kemampuan tenung yang dia miliki, Bileam memerintah Balak untuk menyiapkan berbagai persyaratan agar tenungnya berhasil. Begitulah realitas orang-orang yang mempraktekkan kejahatan dan ibadah sesat. Menyesatkan dan disesatkan.

1.    Allah mengubah perkataan kutuk oleh Bileam menjadi berkat atas umat Israel. Temukanlah tujuh perkataan berkat tersebut!

2.    Demi mendengar perkataan berkat dari mulut Bileam atas umat Israel, apakah yang dilakukan Balak?

3.    Bagi kita sekarang ini, pelajaran apakah yang dapat Anda petik tentang Allah atas kejadian dari Bileam yang justru mengucapkan perkataan berkat atas Israel?

 

MELAKUKAN

Nyata perlindungan Tuhan atas umat-Nya, Israel, dari maksud jahat Balak. Dalam hidup kita pun, sesungguhnya banyak malapetaka maupun usaha jahat yang Allah belokkan dari kita sehingga kita terhindar dari semua itu. Kita harus bersyukur karena Allah Mahatahu dan Mahakuasa. Ia senantiasa menjaga dan melindungi kita dari ancaman kejahatan. Marilah kita bersyukur karena Tuhan melindungi kita.

 

MEMBAGIKAN

Di dalam komselmu, berilah kesaksian yang pernah Anda alami saat Allah belokkan rencana jahat manusia sehingga engkau selamat!


MINGGU, 25  AGUSTUS  2013              

Jangan Mengatur Tuhan

Bilangan 23:13–30

 

MENERIMA                   

Mari berdoa dan  merenungkan firman-Nya.

 

MERENUNGKAN

Para ilah dalam kepercayaan kafir dianggap cepat berubah. Balak mengira jika ia mengajak Bileam ke tempat lain (13), mungkin pikiran Tuhan akan berubah dan mau mengutuki Israel. Balak juga sengaja memilih tempat yang paling ujung dari umat Israel (13). Balak mungkin berharap bahwa dengan melihat jumlah yang jauh lebih kecil, Bileam tidak akan terpengaruh oleh jumlah Israel yang banyak, sehingga kembali merubah kutuk menjadi berkat.

1.    Tampaknya Balak akhirnya sadar bahwa sesungguhnya Bileam hanya dapat menyatakan apa yang difirmankan Tuhan kepadanya. Ucapan Bileam memaparkan karakter Tuhan (ayat 19-21). Karakter apakah yang Anda temukan?

2.    Tuhan juga mengajar Balak tentang umat-Nya, Israel. Tuhan menyertai mereka dan memberkati mereka. Ia melindungi mereka dari pengaruh jahat dan akan menjadikan mereka pemenang (22-24). Bagaimana dengan Anda sebagai umat-Nya?

3.    Balak, yang tidak mengenal Allah Israel, mengira bahwa Allah bisa disuap dengan tujuh mezbah persembahan sehingga Ia mengubah rencana dan kehendak-Nya atas umat-Nya, Israel. Dalam bentuk apakah kita sering seperti “menyuap” dan mengatur Tuhan?

 

MELAKUKAN

Orang yang menyebut diri Kristen pun masih banyak yang seperti Balak. Misalnya, dengan perhitungan fengsui mengira bahwa segala bentuk kesialan dapat dihambat dan segala keberuntungan dapat dialirkan. Kiranya kita menyelidiki diri supaya jangan ada lagi sikap yang ingin mengatur Tuhan agar sesuai dengan kemauan kita.

 

MEMBAGIKAN

Bagikanlah dalam komselmu tentang menyuap dan mengatur Tuhan yang pernah Anda alami dan bagaimana Anda menyadari kesalahan tersebut.

 
© Copyright 2003-2004 All Right Reserved GBI Petamburan
This site is developed by M@gnet Informatika